facebook40 twitter40 google40 pinteres40 youtube40 instagram40

Mahasiswa Universitas PGRI Madiun Studi Pembelajaran di PPPPTK Seni dan Budaya

Para mahasiswa Universitas PGRI Madiun belajar karawitan

P4TKSB
Typography

DALAM rangka membekali para mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) tentang Pembelajaran Seni Budaya, Universitas PGRI Madiun Jawa Timur mengajak para mahasiswanya ke PPPPTK Seni dan Budaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 6 februari 2018. Rombongan berjumlah 150 mahasiswa yang dipimpin Sekretaris Prodi PGSD Sri Hartini, S.Sn., M.Pd.

Dalam sambutannya, Sri Hartini, S.Sn.,M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan studi pembelajaran seni budaya dimaksudkan untuk memberikan bekal secara teoritik maupun praktik mengenai bagaimana proses pembelajaran seni budaya dilaksanakan di kelas. Kegiatan ini merupakan agenda rutin kampus yang dilaksanakan setiap tahun dan kali ini merupakan kunjungan yang ke-5 di PPPPTK Seni dan Budaya. Disampaikan pula bahwa melalui kegiatan ini terdapat dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas materi yang disajikan oleh mahasiswa PGSD Universitas Madiun dalam ujian akhir mahasiswa.

Sementara Kepala Seksi Program PPPPTK Seni dan Budaya, Sigit Purnomo,S.Pd., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa seni budaya merupakan bagian yang terintegrasi dalam pembelajaran tematik di jenjang Sekolah Dasar.

Materi Seni Budaya sebenarnya memiliki kontribusi yang positif dalam konteks pengembangan karakter peserta didik, karena diyakini apabila pembelajaran seni budaya dilaksanakan dengan metode dan pendekatan yang kreatif akan mampu mengembangkan daya apresiasi, kreativitas dan kepekaan estetik peserta didik.

Sayangnya saat ini masih banyak yang memiliki pandangan bahwa pembelajaran seni budaya bukanlah materi pembelajaran yang penting, sehingga seringkali dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas hanya dialksanakan apa adanya tanpa ada pengembangan dari sisi materi, metode, dan kualitas pengajarnya sendiri. Untuk itu pemahaman tentang essensi pembelajaran seni budaya sangat penting dimiliki oleh para calon guru SD agar nantinya dapat melaksanakan pembelajaran seni budaya secara benar.

Dalam studi pembelajaran seni budaya kali ini ada tiga materi yang dipelajari yakni pembelajaran seni teater, pembelajaran seni karawitan (musik daerah) dan seni tari. Mahasiswa sangat antusias dan senang dalam mengikuti kegiatan yang diampu oleh para Widyaiswara dari PPPPTK Seni dan Budaya. (Janu)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS