Para mahasiswa Universitas PGRI Madiun belajar karawitan di P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta

Seni Karawitan (gamelan Jawa) adalah suatu pernyataan musikal yang mempunyai bentuk kompleks dan perkembangan yang tinggi. Fungsi seni karawitan yang sangat menonjol adalah sebagai sarana komunikasi. Suatu bentuk seni yang berbobot harus mampu menyampaikan pesan atau berkomunikasi dengan baik. Pesan atau makna suatu karya seni tidak akan sampai ke dalam hati apabila komunikasinya kurang efektif, hubungan antara karya dan yang menyaksikannya menjadi kurang mantap. Dalam konteks komunikasi, seni karawitan dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi yang efektif, baik secara vertikal maupun horisontal.

Makalah ini bertujuan untuk mengupas efektifitas alat musik angklung pada pembelajaran seni budaya, khususnya seni musik. Karena sifatnya yang kolosal angklung sangat cocok untuk pembelajaran intrakurikuler yang notabene murid biasanya terdiri dari 20 atau lebih siswa serta heterogen minat dan bakatnya. Sehingga diharapkan tidak satupun siswa yang tidak terlibat dalam permainan alat musik ini. Serta diharapkan pula pembelajaran akan selalu menghadirkan musik sebagai suatu karya nyata dalam bentuk ritme dan nada yang diharapkan akan melahirkan suatu keindahan suasana yang harmonis

Penerapan perspektif satu titik lenyap pada sketsa interior Sumber: www.3dhousedownload.com

Oleh: Tri Suerni, Gambar yang memperlihatkan objek seperti yang terekam atau terlihat oleh mata, dan tidak melukiskan dimensi objek yang sebenarnya ,namun bersifat komunikatif dalam memberikan gambaran bentuk objek, itulah gambar perspektif. Bentuk seperti apa yang dilihat oleh mata, benda yang letaknya lebih dekat dengan mata akan tampak lebih besar, dan benda yang letaknya jauh dari mata akan tampak lebih kecil, semakin jauh semakin kecil dan akhirnya hanya berupa titik.

Berbagai strategi dan pendekatan dalam proses pendampingan terhadap kelompok usaha kecil (home industry) atau yang lebih akrap disebut industri kerajinan, juga yang lebih khusus dinamakan usaha yang meproduksi barang-barang kerajinan (Perajin). Kegiatan industri kecil yang identik dengan masyarakat pinggiran ini umumnya juga memberdayakan sumber daya manusia yang berada di daerah/lokal tersebut. Begitu pula sarana dan fasilitas yang dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran kegiatan yang dikembangkan umumnya masih termasuk sederhana.

Oleh: G. S. Darto, Dasar kreativitas tari merupakan substansi materi bagi guru seni budaya dalam menyusun sebuah penyajian sebuah tampilan ekspresi tari, sehingga para guru perlu mengetahui langkah-langkah dasar dalam menyusun sebuah kreativitas tari.

Cetak Tuang Keramik

Massa cetak tuang dari bahan tanah liat sangat dibutuhkan untuk membuat produk keramik secara massal dengan menggunakan teknik cetak hollow casting. Penyiapan yang tepat berkaitan dengan formula campuran tanah liat dan bahan deflokulan menjadi penting untuk diteliti karena setiap jenis tanah liat mempunyai sifat dan karakteristiknya sendiri. Hal ini berkaitan dengan kandungan yang ada di dalam tanah liat tersebut, maka setiap jenis tanah yang akan digunakan untuk membentuk dengan teknik cetak tuang hendaknya diteliti, setidaknya diuji coba karena perbedaan sifat dan karakter masing-masing tanah tersebut.

Setiap jenis tanah liat mempunyai sifat dan karakternya sendiri. Tanah liat Sukabumi merupakan salah satu jenis tanah liat Stoneware yang mampu dibakar sampai dengan1200°C. Selama ini tanah liat tersebut banyak dimanfaatkan dalam pembuatan keramik skala kecil maupun besar. Salah satu sifat tanah liat yang penting sebagai body keramik adalah porositas, yaitu daya serap terhadap cairan. Porositas sangat tergantung dari kerapatan dan besar pori-pori yang terdapat dalam dinding keramik.

Oleh: Supriyanta Tyas Purnomo, Proses penciptaan sebuah karya melalui beberapa tahap antara lain identifikasi masalah  yaitu bagaimana penerapan kulit perkamen yang dipadukan dengan kulit tersamak dengan motif pahatan wayang purwa pada produk kap lampu, bahan pokok, bahan penunjang yang digunakan serta proses kerja yang dilaksanakan. Di samping hal tersebut menginvetarisasi data dengan  mencari data-data yang diperlukan.

Metode line blend merupakan metode tes praktis untuk menentukan persyaratan tanah liat yang dilakukan dengan mencampur dua jenis tanah liat sejenis. Tujuan kegiatan ini adalah melakukan pengembangan badan keramik stoneware metode line blend pembakaran cone 5 (1196oC) dengan campuran dua bahan tanah liat Bojonegoro dan abu vulkanik Gunung Kelud.

Oleh: Wiwik Pudiastuti

Zat warna untuk kain katun terdiri dari zat  warna Alami (Natural Dyes) dan zat warna Sintetis (Synthetic Dyes). Zat warna alam terdiri dari akar, batang, kulit, buah, dan bunga. Sedangkan zat warna sintetis adalah zat warna buatan pabrik seperti direk, napthol, bejana, indigosol, rapid dan sebagainya.

Artikel Selanjutnya...

Halaman 1 dari 2